• Remaja dan Internet

    Pertumbuhan pengguna internet di Indonesia semakin meningkat seiring dengan pertumbuhan teknologi informasi yang berlangsung cepat. Berdasarkan perhitungan Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) terdapat sekitar 25 juta pengguna internet. Peningkatan pengguna internet diprediksi akan terus meningkat sekitar 25 persen setiap tahunnya. Kenaikan tersebut disebabkan adanya kemudahan dalam mengendalikan informasi yang berada di tangan publik. APJII memperkirkan bahwa rata-rata pengguna internet di perkotaan 60% adalah di bawah 30 tahun. Artinya, sebagian dari mereka adalah para remaja.


     
    Di era globalisasi sekarang ini, kita sudah tidak asing lagi dengan yang namanya internet. Internet merupakan sarana untuk mendapatkan berbagai macam informasi yang dibutuhkan oleh seluruh lapisan masyarakat terutama remaja. Media ini paling digemari oleh remaja karena dapat diakses dengan mudah dimanapun dan kapanpun kita berada. Para remaja sering menggunakan media ini untuk banyak hal karena banyaknya informasi tersedia di sana. Atas dasar itulah internet merupakan media yang paling banyak manfaatnya bagi remaja dibandingkan dengan media lainnya.
    Dari sekian banyaknya media yang terdapat di dunia ini media internet merupakan media yang paling populer dibandingkan dengan media lain. Internet merupakan media yang tidak asing lagi didengar oleh setiap orang. Hampir semua orang dari berbagai kalangan usia setiap harinya pasti menggunakan internet untuk berbagai macam keperluannya seperti chate-mail, dan lain sebagainya. Bahkan terkadang banyak orang seolah-olah merasa tidak nyaman kalau tidak menggunakan media ini dalam aktivitas sehari-harinya.
    Penyebab internet digemari remaja
    Media internet sangat digemari oleh remaja di Indonesia. Hal itu disebabkan oleh media internet menawarkan kemudahan kepada penggunanya terutama akses media itu sendiri, kita dapat mengakses media internet kapanpun dan dimanapun kita berada baik itu melalui telepon genggam yang menyediakan fasilitas koneksi internet, melalui jasa warung internet atau warnet yang sekarang hampir ada di setiap sudut kota di Indonesia ataupun menggunakan fasilitas hotspot yang ada di setiap pusat keramaian seperti bandara, mall, hotel, restoran dan tempat pendidikan bahkan sekarang rumah-rumah juga sudah banyak yang memiliki koneksi internet.  Internet juga memiliki banyak manfaat yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari remaja.
    Selain itu internet digemari oleh remaja karena banyaknya hal-hal menarik yang dapat dilakukan di internet. Seperti pernyataan Daryanto dalam bukunya yang berjudul “Memahami Kerja Internet” internet memungkinkan Anda  untuk bertemu dengan orang di seluruh dunia yang memiliki minat atau hobi yang sama dengan Anda. Internet memungkinkan Anda untuk mengakses salinan ringkasan penelitian para pakar. Anda bisa melihat gambar-gambar menarik di galeri seni bahkan menyimpannya di folder pribadi Anda. Anda dapat mendapatkan prakiraan cuaca esok atau bahkan mendapatkan foto cuaca udara dari satelit yang dipotret sejam sebelumnya. Anda dapat ikut permainan (game) bersama orang lain dari kota bahkan benua lain.
    Internet membuat remaja kreatif
                `Banyak manfaat yang kita dapat dari media ini salah satunya membuat remaja lebih kreatif. Remaja yang menggunakan media ini terutama untuk mencari informasi tentang materi yang diberikan oleh guru atau dosen di sekolah maupun kampus akan lebih pintar lebih luas wawasannya dibandingkan dengan temannya yang hanya mendengar kata guru atau dosennya tanpa mencari informasi lain. Selain itu remaja yang sering menggunakan media internet akan cepat tanggap terhadap perubahan informasi di belahan dunia manapun karena media internet sangat cepat memberikan informasi apapun dibelahan dunia bandingkan dengan remaja yang hanya membaca koran yang memberikan informasi keesokan harinya atau melihat berita di televisi yang biasanya ditayangkan beberapa jam atau pada waktu-waktu yang telah ditentukan oleh stasiun teleivi tersebut.
    Previous
    Next Post »

    1 komentar:

    Click here for komentar
    August 11, 2015 at 5:40 AM ×

    tergantung pemakaiannya spt apa ya, kalo dimanfaatkan dengan baik internet tentu bisa menjadi sumber pembelajaran bagi remaja.

    Selamat selimut dapat PERTAMAX...! Silahkan antri di pom terdekat heheheh...
    Balas
    avatar
    admin

    Tata Cara Berkomentar :
    - Komentar harus sesuai topik, tidak menyimpang !
    - Jangan meletakkan link aktif pada komentar, karena itu spam !
    - Tolong beritahukan Saya jika ada link, gambar, dll yang rusak !
    Thanks You for visit.
    Out Of Topic Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

    Terima kasih sudah berkomentar